Thursday, April 12, 2012

SAATNYA MENJARING PESERTA DIDIK DENGAN PEMASARAN ONLINE SEDERHANA DAN BERKESINAMBUNGAN

TULISAN INI SEBAGAI JUARA III PADA "APRESIASI PTK PAUDNI BERPRESTASI TAHUN 2012 YANG DISELENGGARAKAN OLEH DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NONFORMALDAN INFORMAL"





BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kini, berbagai negara di seluruh penjuru dunia tengah berjalan memasuki sebuah  era baru yang disebut era globalisasi. Era globalisasi merupakan suatu era di mana batas-batas geografi antar negara tidak lagi menjadi hambatan dalam proses komunikasi dan interaksi antar individu. Hal ini semakin nyata terjadi apabila kita kaitkan dengan adanya internet. Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking yang mampu  melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. 

Pengguna internet  mengalami perkembangan pesat hingga saat ini bahkan dipastikan ke masa yang akan datang. Di Indonesia sendiri, perkembangan internet menunjukkan perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun walau masih ketinggalan dibanding negara-negara asia lainnya seperti Singapura, Taiwan dan Hongkong. 

Namun demikian, walau internet di Indonesia masih tergolong dalam tahap perkembangan, media online ini telah mampu memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, perusahaan / industri maupun pemerintah. Bahkan pemerintah telah serius memberikan pelayanan internet ini hingga ke desa-desa dengan adanya program Desa PINTER (Desa Punya Internet). Hal ini didasarkan karena internet menjadi media komunikasi /informasi yang tak terbatas dengan jangkauan yang sangat  luas. 

Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, promosi/pemasaran serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh siapa saja baik perorangan maupun organisasi. 

Saat ini peranan internet bukan hanya sebatas media komunikasi dan informasi saja, namun telah berkembang menjadi sarana promosi atau pemasaran secara online dengan target yang sangat luas dan tidak terbatas. Media internet ini bukan lagi hanya digunakan perusahaan-perusahaan besar, departemen, kantor pemerintah atau lembaga-lembaga yang besar, tetapi para UKM, pebisnis pribadi, hingga sekolah-sekolah telah menggunakannya sebagai sarana promosi sekaligus penjualan produk.

Khusus dalam dunia pendidikan, penggunan internet juga semakin populer dengan banyaknya sekolah atau universitas yang telah memiliki website atau weblog gratis. 

Namun demikian masih banyak para pengelola dunia pendidikan khususnya para pengelola Pendidikan Non Formal seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)yang  masih minim menggunakan internet sebagai media online dalam pemasaran informasi serta produk LKP. Banyak Pengelola LKP  belum menggunakan media ini dengan baik serta kurang aktif dalam membangun informasi melalui internet. Bahkan para pengelola LKP yang sudah memiliki media website/weblog, email,  dan situs jejaring social, tidak serius mengurus medianya sehingga sistim pemasaran online yang sempat dibangun berhenti begitu saja dan hilang.

Pesatnya perkembangan dunia internet yang dipastikan akan semakin ramai pada masa yang akan datang, inilah saat terbaik para pengelola LKP menggunakan media ini sebagai media online dalam memasarkan informasi LKP secara keseluruhan baik produk, sistim pengajaran, biaya kursus dan informasi penting lainnya sehingga bisa diakses kapan dan oleh siapa saja.

B. Identifikasi Masalah

Melihat latar belakang tulisan ini, penulis menarik beberapa permasalahan sebagai berikut:

1. Para pengelola LKP belum memanfaatkan media internet sebagai media pemasaran online dan masih menggunakan cara-cara konvensional dalam pemasaran LKP seperti penyebaran brosur dimana-mana, pemasangan spanduk di berbagai tempat, atau mengajukan proposal ke berbagai instansi. Disamping biaya mencetak brosur, spanduk, dan pembuatan proposal yang tidak sedikit, hasil yang dicapai pun tidak maksimal.

2.  Pemasaran secara online produk LKP yang selama ini sudah dilakukan masih belum optimal akibat tidak adanya strategi pemasaran online yang  berkesinambungan, sehingga sistim yang sempat dibangun berhenti begitu saja dan hilang.

C. Pembatasan Masalah

Karena cakupan media internet begitu luas, penulis hanya membatasi  bagaimana strategi  pemasaran online LKP melalui blog dan situs jejaring social facebook secara berkesinambungan sehingga  bisa diakses kapan saja, dari mana saja dan oleh siapa saja. Penulis memilih blog dan facebook, karena kedua layanan ini gratis, memiliki pengguna yang sangat banyak, dan pengelolaannya sangat mudah. 

D. Kegunaan karya ilmiah

Kegunaan karya ilmiah ini adalah:

1. Sebagai informasi dan masukan bagi dunia Pendidikan Non Formal dan pengelola LKP agar lebih memfokuskan diri menggunakan media internet sebagai media pemasaran  produk dan informasi LKP melalui strategi pemasaran online yang berkesinambungan.

2. Para pengelola LKP akan mengetahui bagaimana melakukan strategi pemasaran online secara berkesinambungan  melalui blog dan facebook sehingga segala informasi dan produk LKP bisa tersebar luas dan tak terbatas.   

E. Maksud dan Tujuan 

Maksud penulisan karya ilmiah ini adalah sebagai syarat dalam lomba APRESIASI PTK PAUDNI BERPRESTASI TAHUN 2012. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah:

1. Mengajak para pengelola LKP untuk segera memiliki  blog dan situs jejaring sosial facebook yang diperuntukkan sebagai media pemasaran online yang memuat seluruh informasi tentang LKP yang dikelola.

2. Melakukan  strategi pemasaran secara berkesinambungan sehingga sistim pemasaran  online yang sempat dibangun tidak berhenti.

F. Penulisan

Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis langsung mempergunakan metode pengamatan langsung terhadap sistim pemasaran online yang telah dilakukan selama ini, teknik wawancara terhadap para peserta didik, dan teknik pengisian formulir pendaftaran yang memasukkan salah satu item untuk mengetahui apakah peserta didik mengetahui informasi tentang LKP berasal dari internet.

Maaf untuk BAB II dan selanjutnya bisa menghubungi kami di mecmedan(at)yahoo.co.id

SALAM SUKSES