Friday, February 7, 2014

Dewan Pengurus Daerah APLIKASI SUMUT Adakan Seminar Internasional “Penerapan Teknologi Informasi dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013”

DPD APLIKASI SUMATERA UTARA

Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerhati Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia Sumatera Utara (DPD APLIKASI SUMUT) menyelenggarakan Seminar Internasional dengan judul “Penerapan Teknologi Informasi dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013” yang akan diadakan pada Sabtu, 22 Pebruari 2014 mendatang di Gedung Auditorium UNIMED Medan.

Adapun tujuan pelaksanaan seminar ini terkait wacana akan digantinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yang tahun ini sudah mulai diberlakukan. Satu Hal yang menarik  dalam perubahan kurikulum 2013 yang sekarang sedang Roadshow uji coba di beberapa kota besar adalah, dihilangkannya Pelajaran TIK dan digantikan  dengan mengintegrasikannya kedalam mata pelajaran lain. Pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana nasib guru TIK (apalagi sudah sertifikasi) dan bagaimana teknis pengintegrasiannya ke dalam mata pelajaran lain sesuai dengan kurikulum baru ini?

Sebenarnya informasi bagaimana kelanjutan guru-guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) setelah diberlakukan kurikulum 2013 tidak perlu dikhawatirkan. “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada Struktur Kurikulum 2013 tidak ada lagi mata pelajaran Teknologi Informatika dan Komputer (TIK), bukan berarti gurunya akan menganggur. Guru TIK tetap akan memiliki peran penting. Mereka bisa dimasukkan dalam Pusat Teknologi Pendidikan yang ada di sekolah untuk membantu guru dalam mempersiapkan materi ajar,” demikian kata Ketua Panitia Dr Sukarman Purba, ST, M.Pd yang juga Sekretaris Program Pasca Sarjana UNIMED saat ditemui di kantornya.

“Selain bagaimana penerapan kurikulum 2013 yang berbasis IT, seminar ini akan menjawab tuntas segala isu dan opini-opini yang berkembang saat ini di masyarakat terkait keberadaan guru TIK, khususnya di lingkungan sekolah dan para guru,” ujar ketua DPD APLIKASI SUMUT periode 2013-2017 Lambok Pamancar Saragi, S.Pd, ST, M. Si didampingi ketua DPC APLIKASI Kota Medan Pieter Silitonga, S.Si yang menambahkan bahwa perubahan kurikulum ini tentunya sudah dipertimbangkan dengan sangat matang oleh pemerintah yang mengacu pada kajian ilmiah, penelitian dan pertimbangan-pertimbangan akademis lainnya.

Seminar Internasional ini diharapkan dapat diikuti seluruh guru dan dosen di wilayah SUMUT yang juga berlaku untuk mahasiswa khususnya keguruan dan masyarakat umum. Seminar ini akan menghadirkan pembicara terkenal yang juga pengamat pendidikan Nasional antara lain, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Kepala BPSDMOK & PMP), Prof. Dr. Ibnu hajar, M.Si (rektor Unimed), Drs.M. Zein, M. Si (Kadis Pendidikan SUMUT), Parlindungan Purba (Praktisi), Murray Yeoman (Australia) dan Janis Hendratet (Ketua LSK-TIK). (piets)

Bagi Anda yang ingin mendaftar, bisa menghubungi email: mecmedan@yahoo.co.id